PEMASARAN BUKU
Resume hari ke 19
Narasumber : Agus
Subardana, S.E, M.M
Moderator :
Sigid Purwo
Judul :
Pemasaran Buku
Materi malam ini membahas
tentang PEMASARAN BUKU , kita sebagai
penulis pemula dpat menyiapkan Draft untuk buku solo dan segera rampungkan
kemudian disatukan dalam satu file agar memudahkan dalam penyusunan naskah.
Jangan lupa untuk menyiapkan
daftar isi, prakata, sinopsis dan semua perlengkapan naskah buku solo bapak/ibu
semua.
Strategi pemasaran penjualan buku
sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat
dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di
terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh
Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32
katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku
Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku
tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis
katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan
dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang
meliputi :
1.Faktor Mikro yaitu perantara,
pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
A.Strategi Pemasaran
Buku Serangan Udara. (On Line )
1.Pentingnya
Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19
telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan
interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan
mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di
sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini
tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar –
mengajar , kehidupan keluarga hingga
aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital
Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Untuk penjualan buku lewat Online
ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , dan supaya kita dapat :
-Menyebarkan informasi produk
secara masif kepada target pasar potensial
-Mendapatkan konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
-Menjaga kesetabilan penjualan
saat kondisi pasar lagi lesu
-Menaikan penjualan dan profit
-Membandingkan dan keunggulan
produk dibandingkan dengan pesaing
-Membentuk citra produk dibenak
mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
-Mengubah tingkah laku ( yang
kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat
konsumen.
2.Pemasaran Buku Lewat
Komunitas
Kita tentunya punya komunitas
masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan
relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan
penjualan buku . Penjualan lewat komunitas
akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih
tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive
komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas
pribadi kita.
Kami Penerbit ANDI juga terus
mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat
link Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan
tema – tema yang menarik .
B.Strategi pemasaran
buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah
nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan
wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat
baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua,
dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan
darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara
lain :
1.Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu
memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar
sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok
rutin di toko buku maka kita perlu
pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu
Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Untuk itu saluran toko buku
tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku
dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional
diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku
Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
-Menguasai display buku , supaya
tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
-Mengadakan promosi di internal
toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-Mengadakan Bedah Buku , Talkshow
dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
-Mengadakan event tematik sesuai
moment bulan berjalan (program Ramadhan,
Program TAB, Program TAM , dll )
-Dan masih banyak lagi program
promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive
komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala
Toko nya dan Supervisor .
Contoh Display Buku dan Promo
Program Promo yang akan
berlangsung di Gramedia
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui
Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita
terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi
menjadi beberapa target pasar yaitu :
-Buku Pendidikan (Buku mata
pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
-Buku Teks Perguruan Tinggi untuk
semua mata kuliah
-Buku Referensi untuk jenjang TK,
SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori
tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan
pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan
Kabupaten.
Kami Penerbit ANDI Offset
mempunya 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura
Demikian yang dapat saya
sampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi
strategi pemasaran buku yang terus berkembang. Akhir kata kami sebagai “Tenaga
pemasarann buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya
– karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non
formal ikut serta dalam menceraskan
kehidupan bangsa Indonesia”.
Semangat bersama Ibu. Mantul resumenya
BalasHapusResume mantap bu
BalasHapusMantap bu materi resume nya, smoga nanti buku solo nya bisa laris yah bu
BalasHapusMantap... resumenya mantul
BalasHapus